Try Out Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi pada KKNI (Kerangka Kualifkasi Nasional Indonesia). UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra IDUKA (Industri / Dunia Kerja) dengan memperhatikan paspor keterampilan dan / atau portofolio. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

Pedoman/ Juknis Uji Kompetensi Keahlian (UKK) SMK Tahun 2022 ini diharapkan menjadi acuan umum bagi para pihak yang terlibat dalam Penyelenggaraan UKK tahun pelajaran 2021/2022 khususnya dalam kondisi COVID-19. Berdasarkan Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK, tujuan penilaian hasil belajar adalah untuk :

  1. Mengetahui tingkat capaian hasil belajar/kompetensi peserta didik;
  2. Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik;
  3. Mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik;
  4. Mengetahui efektivitas proses pembelajaran; dan
  5. Mengetahui pencapaian kurikulum.

Tahun ini Try Out UKK bisa dilaksanakan 17-18 Februari 2022 untuk semua Kompetensi Keahlian di SMK DEK Business School Padang, Walaupun masih dalam situasi Pandemi Kali ini TO UKK bisa dilakukan secara langsung atau Offline dengan tetap Mematuhi Protokol Kesehatan. Adapun Jadwal Pelaksanaan UKK tersebut adalah :

Jadwal TO UKK Akuntansi

Jadwal TO UKK Pemasaran

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim Pesan
Terimakasih, kami lagi ada Promo yang sangat menarik untuk 5 orang pertama ! silahkan lanjut chat untuk info lebih lanjut